Sistem Menu

Sistem menu merupakan pilihan yang tepat untuk menunjukkan kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh sebuah program aplikasi kepada pengguna. Menu adalah daftar sejumlah pilihan dalam jumlah terbatas, yang biasanya berupa suatu kalimat atau kumpulan beberapa kata.
Ditinjau dari teknik penampilan pilihan-pilihan pada sebuah sistem menu, dikenal dua jenis sistem menu:

• Sistem menu datar
Dalam sistem menu datar, kemampuan dan fasilitas yang dimiliki oleh suatu program aplikasi akan ditampilkan secara lengkap, dan biasanya menggunakan kalimat-kalimat yang cukup panjang.

• Sistem menu tarik (pulldown) yang berbasis pada struktur hirarki pilihan (struktur pohon pilihan)
Sebuah menu tarik pada dasarnya adalah sistem menu yang pilihan-pilihannya dikelompokkan menurut kategori tertentu atau menurut cara tertentu sehingga mereka membentuk semacam hirarki pilihan. Pada hirarki paling tinggi, pilihan-pilihan itu disebut dengan pilihan/menu utama. Sebagian atau semua pilihan/menu utama dapat mempunyai salah satu atau lebih subpilihan/submenu. Sebuah subpilihan/submenu dari suatu pilihan/menu utama dapat mempunyai satu atau lebih sub-pilihan dan seterusnya. Struktur ini membentuk semacam struktur pohon.

Status Menu Tarik
Pada saat suatu program aplikasi dijalankan, belum tentu semua pilihan/menu yang tersedia langsung aktif semuanya, sehingga dapat memilihnya. Tetapi yang biasa terjadi adalah ada sebagian menu/pilihan yang dinonaktifkan, karena untuk waktu itu memang menu/pilihan yang dimaksud tidak dapat dipilih. Ada dua cara yang digunakan untuk status sebuah menu/pilihan. Cara pertama adalah dengan tidak menampakkan menu/pilihan tersebut. Cara kedua adalah dengan cara tetap menampilkan menu/pilihan yang pasif, tetapi warnanya dibuat berbeda dengan warna pilihan aktif.
Short Cut
Ada suatu mekanisme yang memungkinkan agar menu-menu yang sering digunakan dapat di akses dengan cepat. Mekanisme yang di maksud adalah shortcut. Shortcut adalah pemilihan suatu menu dengan cara yang lebih cepat dibandingkan dengan cara yang biasa di gunakan. Shortcut ini biasanya diimplementasikan menggunakan kombinasi tombol-tombol khusus, misalnya kombinasi antara tombol Ctrl dengan A, dll.
Keuntungan Sistem Menu
• Memerlukan sedikit pengetikan
• Beban Memori rendah
 
• Strukturnya terdefinisikan dengan baik 
• Perancangan yang mudah

Kerugian Sistem Menu
 
• Seringkali lambat 
• Memakan ruang layar
 • Tidak cocok untuk aktifitas pemasukan kata

Sumber : http://www.diaryofpast.co.cc/2010/07/sistem-menu-pada-windows.html
www.teknokrat.ac.id/perangkat.../Lanjutan_Bab_3_Ragam_Dialog.pdf
Waktu pengambilan : 21.15 WIB
Tanggal Pengambilan : 29-07-2010

Back to Top