Karakteristik Knowledge User

Interaksi manusia-komputer (HCI) adalah studi tentang interaksi antara manusia (pengguna) dan komputer. Hal ini sering dianggap sebagai persimpangan ilmu komputer, ilmu perilaku, desain dan beberapa bidang studi. Interaksi antara pengguna dan komputer terjadi pada antarmuka pengguna (atau hanya antarmuka), yang meliputi perangkat lunak dan perangkat keras, misalnya, karakter atau objek ditampilkan oleh perangkat lunak pada monitor komputer pribadi itu, masukan yang diterima dari pengguna melalui peripheral perangkat keras seperti keyboard dan mouse , dan interaksi pengguna lain dengan sistem komputerisasi berskala besar seperti pesawat dan pembangkit listrik. Asosiasi untuk Komputasi Mesin mendefinisikan interaksi manusia-komputer sebagai "suatu disiplin berkaitan dengan desain, evaluasi dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan manusia dan dengan studi fenomena utama di sekitar mereka" [1] Sebuah aspek penting dari HCI. Adalah menjamin kepuasan pengguna (lihat kepuasan pengguna Komputer).

Karena manusia-komputer studi interaksi manusia dan mesin bersama-sama, ia menarik dari pendukung pengetahuan pada kedua mesin dan sisi manusia. Di sisi mesin, teknik dalam komputer grafik, sistem operasi, bahasa pemrograman, dan lingkungan pengembangan yang relevan. Di sisi manusia, teori komunikasi, disiplin desain grafis dan industri, linguistik, ilmu sosial, psikologi kognitif, dan faktor manusia yang relevan. Teknik dan metode desain juga relevan. Karena bersifat multidisiplin dari HCI, orang-orang dengan latar belakang yang berbeda memberikan kontribusi keberhasilannya. HCI juga kadang-kadang disebut sebagai interaksi manusia-mesin (MMI) atau interaksi komputer-manusia (CHI).

Perhatian kepada interaksi manusia-mesin sangat penting, karena buruk dirancang manusia-mesin interface dapat menyebabkan banyak masalah tak terduga. Sebuah contoh klasik dari ini adalah kecelakaan Three Mile Island di mana investigasi menyimpulkan bahwa desain antarmuka manusia-mesin itu setidaknya sebagian bertanggung jawab atas bencana tersebut [2]. Demikian juga, kecelakaan dalam penerbangan dihasilkan dari keputusan pabrik untuk penggunaan non- penerbangan instrumen standar dan / atau gas layout kuadran: meskipun desain baru diusulkan menjadi keunggulan dalam hal interaksi manusia-mesin dasar, pilot sudah mendarah daging yang "standar" tata letak dan dengan demikian gagasan konseptual yang baik sebenarnya memiliki hasil yang tidak diinginkan.


User Physchology Characteristic:
Cognitive Style
• Verbal/analytic
• Spatial/Intuitive
Attitude
• Positive
• Neutral
• Negative
Motivation
• High
• Moderate
• Low

Dari uraian di atas kita dapat mengetahui tujuan akhir dari desain aplikasi adalah easy learning agar mudah digunakan oleh user.

User Knowledge and Experience
• Data dan informasi yang terdapat pada aplikasi sangat sederhana, karena disesuaikan dengan pengetahuan dan pengalaman user.
• Seperti aplikasi telepon genggam pada umumnya aplikasi ini tidak memerlukan typing skill yang baik, karena disesuaikan dengan keypad telepon genggam.

User Job and Task Characteristic
• Frequency of use - Low
• Task Importance - Low
• System Use

Sumber : http://nikoseptianto.blogspot.com/2010/02/interaksi-manusia-dan-komputer.html http://kie4nie.blogspot.com/2010/07/knowledge-user.html
Waktu Pengambilan : 22.15 WIB
Tanggal Pengambilan : 29-07-2010

Back to Top